Powered by Max Banner Ads 

5 Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Loading Blog Website

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Blog WordPress

tips trik meningkatkan kecepatan blog WordPress

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Blog Website

5 cara meningkatkan kecepatan loading blog ini adalah cara yang paling mudah dipraktekkan, khususnya bagi blogger pemula yang baru belajar cara ngeblog dengan platform WordPress dan dihosting sendiri.

Mengapa kecepatan blog itu penting ? Karena mulai tahun 2011 Google telah menetapkan faktor kecepatan loading blog akan mempengaruhi SERP (search engine results page). SERP yang baik adalah hasil dari SEO (search engine optimization) yang baik pula.

SEO saat ini tidak lagi hanya berkisar soal backlink, keyword, dll. Mulai saat ini faktor kecepatan loading blog juga akan diperhitungkan. Semakin lelet / lambat blog anda maka kecil kemungkinan ia akan ditemukan di halaman 1 atau 2 di Google. Okey, kita akan langsung meninjau cara mudah yang saya maksud.

Cara mudah meningkatkan kecepatan blog :

Cara pertama: Gunakan plugin cache seperti WP Super Cache atau W3 Total Cache Plugin

Plugin cache sangat penting dalam meningkatkan kecepatan loading blog anda. Apa yang dilakukan plugin ini? ia akan menciptakan web cache (tembolok). Tembolok adalah static page yang akan disimpan oleh komputer. Ketika user datang kembali berkunjung ke blog anda, maka static page ini akan direload kembali langsung dari komputer user. Penggunaan cache amat vital, karena itulah plugin cache penting diinstall dalam blog anda.

Kedua plugin ini dapat dengan mudah ditemukan di bagian plugin. Masuk ke dashboard admin >> plugins >> add new >> kemudian di jendela pencarian ketikkan nama salah satu dari plugin cache di atas. Pilih salah satu saja dan jangan menginstall keduanya karena akan bentrok.

Cara Kedua : Menggunakan CDN

Content Delivery Network (CDN) adalah jaringan server komputer yang kita gunakan untuk membagi beban dan menyebarkan data ke berbagai server didunia. Penggunaan CDN akan sangat menguntungkan dari sisi kecepatan akses data. Blog ini sudah menggunakan fitur CDN gratis seperti CloudFlare. Untuk membaca keuntungan menggunakan CloudFlare bisa baca review saya disini 

Cara Ketiga: Pemilihan Tema yang “clean and cut” serta Menggunakan Tema Mobile

Tema blog yang “bersih” dan  tidak ramai menguntungkan anda karena gampang diakses oleh robot search engine. Selain itu strukturnya yang bersih juga membuat kecepatan blog meningkat. Tema yang saya gunakan ini adalah salah satunya (INove). Jangan pula lupakan mobile theme. Tema mobile sangat penting karena trend pemakaian internet justru meningkat dari penguna smartphone. Baca tips memilih tema mobile .

Cara Keempat: Pasang Plugin yang Penting Saja

Penggunaan plugin memang memudahkan pekerjaan ngeblog kita. Namun penggunaan plugin yang terlalu berlebihan justru akan membebani database, yang akibatnya boros di bandwidth dan mengurangi kecepatan loading blog WordPress anda. Karena itu pasanglah plugin yang penting saja.

Plugin yang penting di blog itu menurut hemat saya ada 4 jenis saja, yaitu : plugin SEO, plugin cache, plugin security dan plugin anti spam. Itu saja kok yang penting.

Cara Kelima: Memilih Hosting

Hosting yang baik dan pas adalah hosting yang tidak gampang down servernya, mudah pembayarannya, cepat tanggap dan mendengarkan keluhan kita. Penyedia layanan hosting semacam ini saya temukan dalam diri IDWebhost. Mereka amat tanggap dan cepat sekali melayani saya. Pernah suatu kali plugin saya mengalami masalah dan saya tidak tahu bagaimana menghandle-nya, mereka dengan tanggap membantu saya mengatasi. Pemilihan hosting yang abal-abal akan sangat mengecewakan anda. Pilihlah dengan bijak ya :-)

Nah sobat blogger itulah 5 tips mudah meningkatkan kecepatan blog dari saya. Untuk tips yang lebih advance, silahkan baca disini. Ingat ini adalah faktor penting dalam sEO ya. Jadi jika anda peduli pada SEO blog, mulai sekarang selalu perhatikan dan peduli pada kecepatan blog anda juga.

Share your thoughts, please ^^


 Powered by Max Banner Ads