Powered by Max Banner Ads 

Cara Mengoptimasi Link Komentator Blog WordPress

Cara Mengoptimasi Link Komentator Blog WordPressCara Mengoptimasi Link Komentator Blog WordPress. Cara ini adalah untuk memperlama visitors berkunjung ke blog kita. Seperti kita ketahui, link komentator yang mengarah pada situs si pemberi komentar akan terbuka di jendela yang sama setiap kali kita mengklik link tersebut (menimpa blog kita).

Sebenarnya ini merugikan. Jika ada pembaca blog yang mengklik nama komentator itu, ia akan langsung dibawa ke situs blog/website komentator menggantikan situs blog kita. Akibatnya blog kita kemungkinan besar akan terlupakan begitu saja. Apalagi kalo pengguna internetnya masih gaptek, ia akan bingung setengah mati mencari alamat blog anda yang tadinya kebuka (padahal tinggal mencet tombol back aja gitu lhooo)

Untuk mencegah hal ini lebih baik kita membuat agar link si komentator terbuka di tab baru agar laman blog kita sendiri masih tetap ada di browser. Caranya bagaimana ?

  • Masuk ke folder wp-includes yang berada di directory blog anda. Masuknya bisa via Cpanel >> File Manager atau bisa juga via FTP.
  • Cari dan buka file bernama comment-template.php. Kalo via FTP, anda harus mengunduh file ini dari hosting dan mengeditnya via notepad, lalu cari kode ini:
$return = "<a href='$url' rel='external nofollow' class='url'>$author</a>";
  • ubah kode di atas dengan yang ini:
$return = "<a href='$url' rel='external nofollow' target='_blank' class='url'>$author</a>";
  • Perhatikan perubahannya, sekarang kode tersebut ditambahkan target=’_blank’ (tidak pakai tanda kutip). Inilah yang akan membuat link komentator dibuka di tab baru
  • bagi yang ingin blognya menjadi dofollow silahkan hapus nofollow-nya. Contoh rel=”external nofollow”> menjadi rel=”external”>.

Mematikan Autolink dari Komentator

Nah kadang-kadang ada komentator yang juga memberikan link di jendela komentar blog kita, mungkin dengan pesan sekalian untuk berkunjung ke blognya dia. Padahal itu tidak perlu karena link dia sudah ada di nama komentator. Kalau mau, anda bisa menonaktifkan fungsi auto link di bagian komentar. Ini artinya, siapa pun yang memberi link di jendela komentar blog WordPress anda, linknya itu hanya akan menjadi sederetan teks saja.

Cara melakukannya:

  • buka file functions.php yang ada di folder theme. Bisa masuk dari Cpanel, FTP atau dari themes editor di dashboard admin
  • tambahkan kode ini di functions.php anda
remove_filter('comment_text', 'make_clickable', 9);
  • Lalu simpan.

Sekarang semua link yang diketikkan di jendela komentar hanya akan menjadi teks biasa yang engga bisa diklik. Ok selamat mencoba mengoptimasi link komentator di blog anda !


 Powered by Max Banner Ads