Powered by Max Banner Ads 

Memprogram Ulang Pikiran Bawah Sadar

:siul Kekuatan pikiran bawah sadar sungguh luar biasa. Sebagian besar perilaku kita termasuk apa yang kita dapatkan sekarang dalam hidup kita adalah hasil kerja bawah sadar. Jika kita ingin merubah hidup kita..maka mulailah dengan merubah pikiran bawah sadar atau tepatnya memprogram ulang pikiran bawah sadar kita. Dibawah ini saya sajikan strategi Program Ulang Pikiran Bawah yang saya sarikan dari buku Dr. Muruga berjudul Reprogramming Sub Conscious Mind (RSCM). Teknik ini harus dilakukan dalam 90 hari.

STRUKTUR DASAR RSCM :

1.IDENTIFIKASI SEMUA TUJUAN HIDUP ANDA DALAM BERBAGAI BIDANG. TUJUAN INI HARUSLAH REPRESENTASI DARI VISI HIDUP ANDA.

2.TETAPKAN SEMUA TUJUAN HIDUP ANDA. TUJUAN JASMANI, TUJUAN INTELEKTUAL DAN PROFESIONAL, TUJUAN SOSIAL DAN TUJUAN-TUJUAN SPIRITUALITAS. TULISLAH SEMUA TUJUAN ANDA TERSEBUT.

3.TETAPKAN PERAN YANG ANDA INGINKAN DARI SETIAP TUJUAN ANDA DAN TULISKAN JUGA PERAN ANDA TERSEBUT.

4.SETELAH SEMUA TUJUAN DAN PERAN ANDA PADA SETIAP TUJUAN TELAH ANDA TULIS, PADA SETIAP PAGI HARI SETELAH BANGUN TIDUR TULISKAN KEMBALI SEMUA TUJUAN DAN PERAN ANDA PADA SETIAP TUJUAN. LAKUKAN INI SELAMA 90 HARI.

5.SETELAH SELESAI MENULIS TUJUAN HIDUP DAN PERAN ANDA PADA TUJUAN TERSEBUT SETIAP HARINYA, LAKUKAN VISUALISASI. VISUALISASI ADALAH MEMASUKKAN SEMUA GAMBAR DARI TUJUAN HIDUP ANDA KE DALAM PIKIRAN ANDA DAN DIPERTAHANKAN DISANA SEKITAR 3 MENIT. VISUALISASI DAPAT JUGA DILAKUKAN MELALUI PENCITRAAN.

6.PERCAYAI TUJUAN HIDUP ANDA, KARENA BILA ANDA TIDAK MEMPERCAYAINYA, ANDA TAK PANTAS MENDAPATKANNYA DAN TAK AKAN MENDAPATKANNYA.

CARA MEMULAI VISUALISASI :

  1. Tatalah tujuan-tujuan hidup anda, harus spesifik dan anda harus serius terhadapnya.
  2. Temukan tempat yang tenang dan bebas gangguan.
  3. Duduklah dan rilekskan pikiran anda. Duduk dengan posisi tegak semampu anda, tetapi jangan buat tubuh menjadi kaku atau tidak nyaman.
  4. Tarik napas dalam lewat hidung dan hembuskan secara perlahan lewat mulut. Ulangi hal ini 2-3 kali, lalu pejamkan mata anda dan terus tarik napas dalam-dalam masuk dan keluar. Tarikan napas harus perlahan dan hembusan napas harus terkontrol dan hanya sebagian kecil saja udara yang keluar melalui mulut selama proses ini.
  5. Terus fokus pada pernapasan anda untuk waktu yang sedikit lebih lama dan anda akan merasa rileks.
  6. Saat anda merasakan tubuh rileks sepenuhnya, perintahkan pula diri anda untuk merilekskan bahu. Rasakan bahu anda yang melentur dan anda akan semakin rileks.
  7. Kemudian secara sadar lepaskan ketegangan dari otot-otot leher anda, bila mereka belum juga rileks dengan bahu anda.
  8. Selanjutnya perintahkan diri anda untuk merilekskan otot-otot dada dan perut, diikuti dengan otot-otot tangan dan kaki. Semua ini dilakukan setahap demi setahap, jangan tergesa-gesa.
  9. Setelah mencapai keadaan rileks, maka nikmati karena keadaan ini begitu sentosa. Sekarang anda siap melakukan visualisasi yang sesungguhnya.
  10. Masukkan gambaran tujuan yang anda inginkan ke pikiran dan pertahankan tetap berada disana. Mungkin saja gambaran itu bergerak-gerak tetapi harus tetap kuat dan mantap.Bila tujuan anda adalah Mercedes S Class, gambarkan di dalam pikiran, diri anda yang sedang berada didalam mobil itu, duduk bersandar dibangkunya yang berlapis kulit hitam saat sopir mengantar anda ke tempat tujuan.
  11. Pertahankan gambaran diatas dan katakan pada diri anda sendiri betapa nyamannya berada disana. Pertahankan gambaran ini selama tiga menit.
  12. Tetap fokus saja kira-kira tiga menit, kemudian pindah ketujuan anda selanjutnya. Mungkin rumah nan asri. Didalam pikiran anda, lihat rumah impian anda itu dan diri anda yang sedang berjalan memasukinya. Lihat gambaran ini dengan jelas dan rinci dan pertahankan lagi sekitar tiga menit.
  13. Ulangi ini untuk semua tujuan anda dan ketika selesai, tarik dan keluarkan napas dalam-dalam lagi secara perlahan.
  14. Bagi anda yang pemula, praktekkan ini untuk satu tujuan saja selama 3-4 minggu, dan saat anda telah memperoleh beberapa level kompetensi dan kepercayaan diri di teknik ini, anda dapat mengenalkan ke tujuan berikutnya. Demikian seterusnya di pekan-pekan berikutnya.
  15. Anda dapat mulai dengan tujuan yang paling mendesak dan penting dan seiring dengan waktu anda secara bertahap menambahkan tujuan lainnya.

ATURAN DASAR PENEGASAN TERTULIS (Tentang Tujuan Hidup) :

  • Ia harus bersifat pribadi. Penegasan-penegasan anda harus bersifat pribadi. Anda harus menulis untuk diri sendiri. Anda tak dapat menulis untuk orang lain dan berharap dapat merubah mereka. Anda hanya dapat memprogram ulang pikiran bawah sadar anda sendiri dan mengubah tindakan, kebiasaan dan perilaku anda sendiri. Mulailah mengubah diri sendiri dan orang lain akan berubah atau mendekati anda. Agar lebih bersifat personal, semua pernyataan anda harus mulai dengan “Saya..” atau ”Saya telah…” dan semua yang berhubungan dengan anda dan tujuan anda.
  • Ia harus positif. Anda harus menulis segala sesuatunya dengan positif. Pikiran bawah sadar tak punya logika. Ia hanya melihat kata-kata sebagai gambar-gambar atau pikiran-pikiran. Bila anda menggunakan kata-kata negatif, ia akan menerima dan mewujudkan perasaan utama pikiran negatif tersebut.
  • Ia harus berada saat ini. Semua pernyataan anda harus terbaca seolah-olah anda sudah memiliki apa yang anda inginkan. Anda harus menulis “Saya punya kebebasan finansial.” Serupa dengannya anda harus menulis “Saya punya fisik yang hebat”, dan jangan “Saya akan mempunyai fisik yang hebat.”
  • Ia harus visual. Semua pernyataan anda harus ditulis dalam bentuk yang benar-benar dapat anda bayangkan. Karena pikiran bawah sadar bekerja dengan gambar-gambar, anda harus membahasakan pernyatan dengan cara yang dapat anda visualisasikan dipikiran anda : “Saya diantar sopir dengan Mercedes S500” dan bukan “Saya diperlakukan dengan hormat.”
  • Ia harus menciptakan sebuah perasaan. Ini berarti semua pernyataan anda harus menggiring sebuah emosi dan pastinya haruslah sebuah emosi yang positif, misalnya perasaan telah mencapai apa yang anda inginkan. Bila anda menginginkan hubungan yang baik, perasaan apa yang akan anda miliki setelah mencapai tujuan itu? Mungkin puas, sentosa atau bahagia. Apapun itu, anda harus menyertakannya ke dalam pernyataan tentang hubungan anda itu : “Saya begitu bahagia menikah dengan orang yang paling mengagumkan dan saya selalu merasa dicintai.”

Teman-teman…ini hanya sebuah teknik…anda boleh mengambil pilihan untuk mempercayainya dan melakukannya dengan segenap kebulatan hati. Anda yang punya kuasa menentukan pilihan apapun dalam hidup anda. Tetapi hendaknya apapun pilihan anda, selalu anda bungkus itu semua dengan kekuatan doa kepada Sang Pencipta…Tuhan Yang Maha Esa…. Mari kita mencoba…dan semoga bermanfaat.

:cendol

Sumber: Komunitas Bawah Sadar asuhan Yoseph Tiens di Facebook


 Powered by Max Banner Ads