Powered by Max Banner Ads 

Menelusuri Catatan Akashic

Ketidaksadaran kolektif adalah umum dimiliki setiap orang; ini adalah fondasi bagi apa yang dinamakan oleh para pendahulu kita sebagai “simpati atas segala hal”. Carl Jung (1875-1961)

Catatan Akashic (Akashic Records / Past Life Records) adalah sebuah gudang penyimpanan catatan-catatan lengkap atas segala peristiwa yang terjadi di alam semesta ini. Setiap bentuk pikiran, perasaan, atau tindakan akan disimpan di sana, dan dapat diakses apabila diminta. Catatan Akashic merupakan ingatan tak sadar yang dapat kita masuki jika kita memerlukan informasi. Catatan ini tidak hanya menyimpan pribadi setiap orang, namun juga catatan tentang setiap keluarga, suku, atau Negara. Catatan Akashic digambarkan sebagai sebuah “computer supernatural yang mengagumkan”.

Seorang filsuf Islam abad pertengahan bernama Averroes (1128-1198) menulis bahwa meskipun kita memiliki raga yang terpisah, pikiran kita tidaklah terpisah. Ia meyakini bahwa kita ini “menyerupai sebuah tumbuhan air yang batang-batangnya menyembul ke permukaan, namun menyatu pada akar tunggal utama di bawah air.”

Catatan Akashic dapat dibandingkan dengan teori Jung atas ketidaksadaran kolektif. Carl Jung menciptakan istilah ini untuk menggambarkan substansi pikiran keseluruhan dari ras manusia.

Edgar Cayce melukiskan catatan Akashic sebagai sebuah perpustakaan besar. Dalam ceramahnya yang diadakan di Cayce Hospital pada tahun 1931, ia memaparkan bagaimana ia meninggalkan raga fisiknya, berjalan melalui sebuah lorong cahaya, dan akhirnya tiba di sebuah kuil di atas bukit. “Saya memasuki kuil ini,” paparnya, “dan menjumpai ruangan besar yang sangat mirip dengan perpustakaan. Di tempat ini tersimpan buku-buku tentang kehidupan orang-orang. Saya hanya tinggal menarik buku mengenai seseorang yang informasinya sedang saya cari.”

Catatan Akashic menyimpan informasi mengenai semua kehidupan lalu Anda, sekaligus petunjuk-petunjuk atas kemungkinan kehidupan mendatang Anda. Dibutuhkan latihan supaya Anda berhasil. Sekali berhasil, tidak akan sulit bagi Anda untuk mempelajari catatan Akashic kapapnpun Anda inginkan. Anda harus berjuang ekstra keras jika ingin mempelajari catatan Akashic orang lain. Meskipun demikian, ini dapat dilakukan dengan latihan dan orang-orang, seperti halnya para peramal masa depan, biasa melakukannya.

Saat Anda membaca catatan Akashic diri Anda, Anda akan menemukan segala harapan dan impian dari setiap kehidupan yang Anda jalani. Anda juga akan melihat tindakan dan perilaku Anda. Anda akan menjumpai semua hal yang memotivasi Anda dan semua hal yang menjadi kendala bagi Anda di setiap kehidupan.

Meditasi Catatan Akashic (Akashic Records Meditation)

Langkah Pertama – Menyatu dengan Keselarasan

Luangkan waktu untuk memikirkan hasrat Anda untuk melihat catatan Akashic. Anda membutuhkan sejumlah alasan yang tepat untuk pergi ke sana. Anda cenderung tidak akan berhasil jika motivasi tersebut hanya didasarkan pada, misalnya, keingintahuan. Jika motivasi Anda adalah untuk mempelajari sesuatu dari kehidupan lalu yang akan memampukan Anda mengambil tindakan-tindakan yang lebih baik di kehidupan sekarang, Anda pasti akan berhasil. Sama halnya dengan motivasi untuk meraih suatu perkembangan mental atau spiritual. Mengunjungi catatan Akashic bukanlah suatu tipuan pesta atau sesuatu yang dilakukan murni untuk bersenang-senang. Kunjungan ini adalah sebuah perjalanan yang serius karenanya Anda perlu menerapkan kerangka pemikiran yang tepat.

Langkah Kedua – Relaksasi

Setelah alasan-alasan mengunjungi catatan Akashic terpatri dalam pikiran, Anda dapat beralih ke langkah berikutnya. Ambil sebuah tempat yang nyaman di mana Anda tidak akan diganggu selama satu jam atau lebih. Lakukan relaksasi dengan metode yang paling Anda sukai. Saya menerapkan proses relaksasi bertahap, tetapi metode peregangan dan pengeduran, meditasi, atau metode lainnya yang dapat membuat Anda melupakan masalah sehari-hari juga dapat dipergunakan.

Langkah Ketiga – Meninggalkan Raga Fisik

Periksalah secara batiniah untuk memastikan bahwa seluruh bagian tubuh Anda sudah benar-benar rileks. Berfokuslah pada tiap bagian itu hingga Anda yakin bahwa sel-sel tubuh Anda sudah sepenuhnya lemas, kendur, dan rileks

Pikirkan hasrat Anda untuk mengunjungi catatan Akashic. Lalu bayangkan jiwa Anda melepaskan diri dari raga fisik dan perlahan-lahan melayang naik serta menjauh. Pusatkan titik kesadaran pada jiwa Anda sehingga Anda akan mampu melihat diri Anda sendiri, berbaring dengan rileks dan damai. Kirimkan selimut perlindungan secara batiniah pada tubuh fisik Anda untuk menjaganya tetap aman selama Anda pergi.

Langkah Keempat – Menuju Catatan Akashic

Setelah Anda merasa tidak lagi asing dengan situasi yang Anda masuki, Anda dapat membiarkan jiwa Anda melayang bebas menembus ruang dan waktu hingga tiba di catatan Akashic.

Bayangkan jiwa Anda sedang melayang melalui sebuah lorong panjang hingga tiba di ketinggian langit yang bersih dan segar. Anda melihat sebuah bukit kecil yang bentuknya sempurna di bawah Anda, dengan sebuah kuil di puncaknya. Sewaktu melayang turun, Anda dapat melihat rerumputan hijau yang baru saja dipotongi. Rerumputan hijau itu tampak lembut dan empuk, serta selaras dengan dinding pualam kuil yang putih bersih.

Anda mendarat di sebuah halaman di muka pintu gerbang kuil. Seseorang bertubuh besar berdiri di sana, dan Anda mengenalinya sebagai penjaga pintu kuil.

Langkah Kelima – Memohon yang Anda inginkan

Walaupun Anda berwujud arwah, penjaga pintu tersebut menyambut Anda dengan sebuah bungkukan dan senyuman. Ia menanti sampai Anda menyampaikan keinginan Anda. Anda memberitahukan nama dan berkata bahwa Anda ingin melihat buku Anda.

Ia meminta Anda untuk menunggu sebentar. Ia masuk ke dalam lalu kembali keluar dengan segera. Ia menjaga pintu tetap terbuka agar Anda dapat masuk.

Anda masuk ke sebuah ruangan besar yang menyerupai perpustakaan, penuh dengan deretan buku. Anda menjumpai bahwa kebanyakan dari catatan-catatan tersebut berbentuk buku. Tetapi ada pula yang berbentuk naskah dan log.

Penjaga pintu memandu Anda ke sebuah ruangan kecil yang berisi sebuah meja dan sebuah kursi. Catatan Anda diletakkan di atas meja. Ruangan ini terasa hangat dan nyaman. Anda tidak melihat adanya sumber cahaya, namun tempat tersebut terang benderang. Anda merasa damai di ruangan ini.

Penjaga pintu kembali membungkukkan badan, lalu meninggalkan Anda sendirian sambil menutup pintu secara perlahan.

Langkah Keenam – Menelusuri Catatan Anda

Anda hanya memandangi catatan itu selama beberapa saat. Sulit dipercaya bahwa catatan atas semua pikiran dan tindakan, baik secara sadar maupun bawah sadar, dari kehidupan-kehidupan Anda tertulis di buku ini.

Anda mengetahui bahwa buku ini memang buku Anda, karena buku tersebut secara telepati menyampaikan segala sesuatu yang ingin Anda ketahui. Anda boleh membukanya jika mau. Atau, Anda dapat membiarkan semua informasi itu mengalir memasuki pikiran tanpa Anda harus bersusah payah.

Anda akan menyerap informasi itu dengan banyak cara. Sebagian informasi akan muncul dalam suatu bentuk pemahaman dan pengertian. Data-data lainnya akan melintas di hadapan Anda. Informasi-informasi lain, khususnya mengenai kesalahan dalam menilai dan bertindak, akan muncul seperti baju yang tergantung pada deretan baju. Deretan baju tersebut menggambarkan benang yang menghubungkan seluruh kehidupan Anda, dan baju itu menggambarkan kesalahan-kesalahan yang telah Anda lakukan selama ini. Hal ini harus dipahami terlebih dahulu sebelum Anda dapat melangkah lebih lanjut. Kesalahan-kesalahan itu merupakan factor-faktor karma yang harus Anda ketahui.

Sebagian dari kehidupan lalu Anda akan muncul dengan warna-warna yang indah, melukiskan berbagai kemenangan dan keberhasilan yang Anda capai dalam inkarnasi-inkarnasi itu. Kehidupan-kehidupan yang lain akan muncul dengan warna-warna pastel, menunjukkan bahwa Anda menjalani suatu kehidupan yang menyenangkan, tetapi kemampuan Anda tidak semuanya dimaksimalkan. Ada pula kehidupan yang tampil dengan warna hitam dan putih. Kehidupan-kehidupan ini bersifat negative. Terlepas dari apakah Anda menjadi orang baik atau bukan dalam kehidupan-kehidupan ini, Anda gagal membayar utang karma dan memetik banyak buah dari inkarnasi-inkarnasi ini.

Anda akan menyadari masalah-masalah utama yang mengalir melalui banyak kehidupan. Anda akan memahami dari mana asal talenta-talenta Anda, sehingga Anda akan mengetahui seberapa jauh Anda dapat mengembangkan kemahiran-kemahiran ini. Anda akan melihat orang-orang yang telah mengikuti Anda dari kehidupan ke kehidupan. Ada akan melihat bagaimana hubungan-hubungan itu berubah supaya masing-masing orang dapat mengalami setiap kemungkinan kombinasi.

Anda akan mengetahui asal mula segala ketakutan dan fobia Anda. Setelah Anda mengenali alasan-alasan di balik semua itu, maka seluruh ketakutan dan fobia akan lenyap dari kehidupan Anda sekarang.

Anda akan menjumpai bagaimana segala bentuk pikiran dan tindakan Anda di kehidupan sekarang berpengaruh pada kehidupan-kehidupan mendatang. Anda akan memahami apa yang penting dan tidak penting dalam inkarnasi sekarang.

Anda boleh tinggal di ruangan indah ini selama yang Anda kehendaki. Anda mungkin merasa ingin cepat kembali setelah mengumpulkan segala informasi yang Anda butuhkan. Atau Anda mungkin ingin tinggal lebih lama lagi untuk menikmati keberadaan di tengah kumpulan kehidupan lalu (past life) dan mempelajari hubungan di antara mereka.

Langkah Ketujuh – Kembali ke Kehidupan Sekarang

Apabila telah siap, Anda hanya perlu berpikir bahwa inilah saat untuk kembali. Penjaga pintu akan segera membukakan pintu dan memandu Anda ke halaman. Ia akan membungkuk dengan penuh kesungguhan dan memberi tahu bahwa Anda boleh berkunjung lagi kapan pun Anda ingin.

Anda akan merasakan suatu tarikan, dan Anda akan langsung kembali ke raga fisik. Perjalanan pulang itu biasanya mulus dan tidak perlu bersusah payah. Kadang-kadang Anda merasakan suatu guncangan tiba-tiba selama perjalanan.

Tetap duduk tenang selama satu menit atau lebih sebelum Anda membuka mata dan kembali ke dunia sehari-hari. Anda akan menerima suatu pancaran kepuasan dan perasaan dipenuhkan saat membuka mata. Anda juga akan termotivasi untuk melakukan yang terbaik di masa depan.

Anda telah memperoleh berbagai informasi mengenai kehidupan-kehidupan lalu Anda, dan Anda yakin dapat kembali ke catatan Akashic itu kapan pun Anda mau.

Sumber:

Judul: Practical Guide to Past Life Memories
Pengarang: Richard Webster
Penerbit: PT. Bhuana Ilmu Populer (dicopy paste dari www.tranquility.web.id)


 Powered by Max Banner Ads