Powered by Max Banner Ads 

Ramal dan Pastikan Masa Depan Anda!

Artikel dari Timothy Wibowo


Ada sebuah cerita dari pengalaman seorang pilot yang mengunakan imajinasinya. Dia seorang pilot amerika yang tertembak jatuh dan dimasukan ke penjara di Korea Utara pada 1950-an. Pilot ini sangat suka bermain golf, dan selama berada didalam penjara satu-satunya  hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengimajinasikan dirinya bermain golf.  Pilot tersebut membayangkan dia memenangkan sebuah kejuaraan. Dia membayangkan terus bermain golf 18 lubang secara sempurna. Ketika akhirnya dia dibebaskan dan pulang ke Amerika, salah satu hal pertama yang dilakukan adalah mendaftarkan dirinya mengikuti kejuaraan golf.

 

Tebak apa yang terjadi? Ya, ia menang dengan mudah sehingga membuat heran semua orang, kecuali dirinya sendiri.  Banyak yang berpikir ini karena nasib baik, tapi pilot ini mengatakan pada semua orang bahwa ia telah berlatih secara mental dengan baik selama 18 tahun ini, ia mempraktikan setiap pukulan sempurna itu dalam imajinasinya, di balik jeruji penjara.

Sahabat sekalian, sebagai manusia, kita pasti punya gambaran ideal tentang diri kita, atau lebih tepatnya impian tentang kehidupan yang kita mau dan inginkan. Tentunya, impian atau gambaran hidup ideal tersebut adalah gambaran terbaik yang kita cipatakan untuk diri kita dan kehidupan kita. Namun sayangnya, impian itu kadang hanya ada dalam angan-angan saja dan jarang sekali terwujud. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana agar impian itu dapat segera terwujud dalam kehidupan kita.

Jika kita ingin mengubah hidup menjadi jauh lebih bermakna, maka sebelumnya kita perlu meluangkan waktu untuk duduk tenang dalam keheningan dan melakukan perenungan dalam merencanakan impian kita. Dan yang tidak kalah penting dalam menyusun impian ini, selain dibayangkan atau diimajinasikan, ternyata juga perlu ditulis. Mengapa perlu ditulis? Karena dengan menuliskan impian kita, maka secara tidak langsung kita telah memberi perintah kepada pikiran bawah sadar kita, dan memberi tahu bahwa impian ini penting bagi kita. Ingat, peran pikiran bawah sadar dalam kehidupan kita sebesar 88% sedangkan pikiran sadar hanya 12% saja.

Untuk mempermudah dalam perencanaan itu, saya akan memberikan 8 aspek yang perlu diperhatikan, sehingga hidup kita dapat menjadi lebih tenang dan seimbang. Untuk jelasnya akan saya berikan contoh disetiap aspek kehidupan, dan anda boleh berbeda dengan contoh yang saya berikan.

1.       Spiritual
Apa yang ingin Anda capai tahun ini dalam bidang spiritual? Bagaimana kegiatan ibadah Anda? Apakah Anda ingin berkunjung ke tempat keagamaan bersejarah? Apakah Anda ingin naik haji tahun ini?

2.       Finansial
Dalam bidang finansial, apa yang ingin Anda capai tahun ini? Sudah puaskah dengan penghasilan Anda saat ini? Berapa penghasilan yang ingin Anda peroleh tahun ini? Atau 10 tahun mendatang?

3.       Bisnis / Karier
Sudah puaskah Anda dengan bisnis / karier Anda saat ini? Apakah Anda akan membuka bisnis baru? Membeli frenchise? Atau berganti karier? Apa yang ingin Anda capai dalam bisnis atau karier Anda tahun ini? Mungkin 10 tahun lagi?

4.       Keluarga
Anda ingin membina keluarga seperti apa? Apakah Anda akan berkeluarga tahun ini? Bagaimana Anda membagi peran dan tanggung jawab dalam keluarga?

5.       Pengembangan Diri
Dalam tahun ini, kemampuan, pengetahuan, sikap atau karakter seperti apa yang ingin Anda kembangkan? Apakah Anda berencana mengikuti workshop pengembangan diri? Anda ingin memiliki kualitas hidup seperti apa?

6.       Petualangan
Kemana Anda ingin berlibur tahun ini? Tempat wisata mana saja yang ingin Anda tuju? Apa saja yang ingin Anda lakukan selama berlibur? Siapa yang akan Anda ajak berlibur?

7.       Materi
Dalam bidang materi, apa saja yang ingin Anda miliki tahun ini? Handphone Blackberry seri terbaru? Mobil baru? Atau rumah baru? Kapan Anda ingin mendapatkan materi ini? Mengapa Anda menginginkan semua ini?

8.       Sosial
Apa yang akan Anda lakukan untuk kegiatan sosial atau masyarakat? Apakah Anda akan menyumbang panti asuhan? Berapa banyak yang ingin Anda sumbangkan? Kepada siapa Anda akan menyumbangkannya? Kapan Anda akan melakukannya? Apakah tahun ini?

Setelah Anda selesai menuliskan impian dan rencana hidup Anda, kini Anda perlu membayangkan impian atau rencana hidup yang Anda inginkan berdasarkan 8 aspek tadi. Bayangkan secara detail setiap gambaran itu dalam imajinasi Anda disertai dengan perasaan, seperti apa diri Anda 1 atau 10 tahun mendatang, mulai dari cara berpakaian Anda , cara berjalan, berbicara, sikap dan karakter Anda. Luangkan waktu sedikitnya 10 menit sebelum tidur untuk melakukan hal ini. Lakukanlah secara rutin, maka Anda akan menjadi seperti apa yang Anda bayangkan

 

Seperti ungkapan Adam Khoo
“Jika kita dapat meniru cetak biru mental pemenang, kita dapat meniru kesuksesan mereka”.


Mengingat saat ini dalam nuansa tahun baru, tentu masih banyak kesempatan untuk merencanakan cetak biru kehidupan Anda. Anda bisa merencakannya untuk 1 tahun mendatang, atau mungkin hingga 10 tahun mendatang. Lakukanlah apa yang terbaik menurut Anda.

Impian itu bersifat dinamis dan bisa berubah, mungkin suatu saat ada yang ingin Anda tambahkan atau Anda ubah, tapi itu tidak masalah. Karena yang penting Anda telah menulis impian dan rencana hidup Anda.

Percayalah, begitu Anda selesai menulis impian dan rencana hidup Anda, Anda akan merasa nyaman dan lega.

Sudahkah Anda menulis impian dan rencana hidup Anda?

 

 


 Powered by Max Banner Ads